Senin, Februari 16, 2009

Hati-hati dengan tawaran bisnis internet yang tidak jelas !!!

Kalau anda sering berkunjung di beberapa web atau Blog di internet, anda tentu sering membaca tawaran tentang peluang bisnis internet. Yang sering anda temui adalah menyebutkan bisnis internet, bisnis online, internet marketing, dan sebagainya. Peluang bisnis internet yang ditawarkan bermacam-macam baik itu sistem bisnis, pola bisnisnya ataupun prosedur mengikutinya.


Anda tentu sering mendapati tawaran berbagai bisnis internet tersebut dengan berbagai janji. Ada yang menawarkan bisnis internet dengan menggambarkan bahwa seakan-akan bisnis internet itu bisa menciptakan milyuner dalam satu malam. Luar biasa !!! Sangat mudah, hanya duduk didepan komputer 1-2 jam lalu uang datang dengan sendirinya berlipat-lipat kalinya. Seakan-akan kita ngga usah kerja, wuzzzz.....uang melimpah dalam sekejap !!!


O la la....sebelum anda terus membaca, saya hanya ingin menasihati anda. Nasehat saya sederhana saja yaitu tidak ada bisnis apaun bentuknya baik itu online maupun offline yang bisa seperti itu. Tidak ada kesuksesan dan kekayaan yang dibangun seperti kita bermain sulap. Hanya sekejap wuzz.....Jangan sampai anda tergiur hal-hal seperti ini. Kalau anda serius berminat terjun di bisnis internet, buanglah jauh – jauh pola pikir seperti ini. Ikuti saran saya atau anda akan kecewa berkepanjangan.


Bisnis internet = Bisnis offline.

Bisnis internet (online) sama saja dengan bisnis konvensional secara off line. Apa kesamaanya? Kesamaanya adalah bisnis, apapun bentuknya, sekecil apapun skala usahanya, akan memerlukan :

  1. Perlu modal / investasi , sekecil apapun. Namanya usaha / bisnis pasti perlu modal, sekecil apapun. Masih ingat kata orang : Tidak ada makan siang yang gratis. Semuanya perlua uang, apalagi untuk sebuah bisnis dengan tujuan menghasilkan uang. Ingat untuk memancing uang, perlu umpan dengan uang juga, begitu bukan?
  2. Perlu dikelola dengan baik. Bisnis apapun juga perlu dikelola / dimanage dengan baik, tidak ada bisnis yang dilaksanakan tanpa managemen yang baik. Siap-siap saja anda bangkrut jika anda tidak mampu mengelolanya.
  3. Perlu kerja keras, ketekunan dan keuletan. Pebisnis adalah orang yang lekat dengan kerja keras, tekun dan ulet. Sedangkan pemalas adalah orang yang lekat dengan hal-hal sebaliknya. Salah sekali jika anda berharap dengan mengikuti bisnis online anda tinggal ongkang-ongkang kaki, duduk, dan terus tidur dan esok paginya anda bangun dengan duit segunung ada di ruang depan anda., o..la...lala..... Mimpi yang paling liar sekalipun tidak sanggup memenuhi harapan anda.!!!.
  4. Perlu waktu. Sebuah bisnis mempunyai tahapan-tahapan pertumbuhan dan perkembangannya sebelum akhirnya mencapai puncaknya. Hal ini sesuai dengan akumulasi kemampuan, akumulasi modal dan akumulasi pengalaman anda, asal dikelola dengan baik suatu waktu pada tahap tertentu pasti akan mencapai titik keberhasilan tersendiri dengan syarat asal anda tekun, ulet, punya keyakinan yang tinggi, tidak kenal menyerah dan konsisten serta fokus.


Jebakan tawaran bisnis internet.

Jadi, setelah membaca ini anda dengan tegas dapat berkata kepada teman-teman yang lain : Hati-hati jika ada tawaran peluang bisnis internet. Anda perlu mencermati dengan seksama berbagai tawaran peluang bisnis tersebut.


Sedikit panduan bisa memberikan gambaran kepada anda bagaimana menghindari jebakan dari tawaran bisnis internet yang perlu anda pikir ulang dan kalau perlu abaikan saja :

  1. Biasanya memberikan janji-janji dan harapan secara berlebih-lebihan. Seakan-akan serba mudah dan instan. Hal pertama yang harus anda perhatikan jika belum apa-apa sudah menjanjikan uang mudah, cepat kaya, tidak usah kerja/kerja santai, uang datang sendiri, dan lain-lainya yang senada. Cermati betul dan jangan terbawa dengan itu semua. Ingat tidak ada orang kaya dalam semalam !!!.
  2. Pelajari sistem bisnisnya. Kalau sistim bisnis menurut penilaian dan analisa anda sangat tidak layak sebaiknya jangan teruskan. Jangan percaya jika anda menemui sistem bisnis dikatakan sangat mudah atau begitu mudah, karena pada dasarnya tidak ada yang mudah.
  3. Siapa di belakang bisnis ini? Anda perlu cermati siapa yang ada dibelakangnya atau pemiliknya, lacak dan carilah informasi sebanyak mungkin sebelum anda memutuskan bergabung. Kalau pemiliknya tidak jelas dan kredibilitasnya tidak ada atau tidak ada orang lain yang merekomendasikan, anda harus pikir ulang.
  4. Ada atau tidak support systemnya? Biasanya bisnis internet yang tidak bertanggungjawab tidak menyediakan support system untuk kita, abaikan walaupun menurut analisa anda sebelumnya lolos. Kenapa? Percuma anda bergabung jika anda dibiarkan bertarung sendirian di belantara internet yang belum anda ketahui siapa kawan dan siapa lawan.
  5. Baca testimonialnya. Baca dengan cermat dan analisa betulkah demikian.
  6. Terakhir carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai bisnis tersebut.


Bagaimana ? Ini adalah sebagian yang mungkin dapat anda jadikan panduan sebelum anda benar-benar memutuskan untuk mengikuti sebuah bisnis internet atau menyetujui tawaran bisnis internet. Sebenarnya masih banyak bisnis internet yang benar dan baik yang memang menjanjikan untuk memperoleh penghasilan dari internet, Cuma karena ulah segelintir oknum menjadikan bisnis internet seperti yang dikesankan orang digambarkan sebagai kurang baik, bisnis yang tidak jelas, penuh tipu muslihat dan tidak jujur.


Inilah tantangan bagi internet marketer untuk mengubah image yang kurang baik ini.

Bagaimana? Anda bisa berbagi dengan kami, sharing-kan pengalaman anda, analisa anda atau opini anda bagaimana membangun dan mengembangkan bisnis internet ini dengan baik dan benar serta JUJUR. Terima kasih atas respon anda baik berupa komentar, saran ataupun kritik anda.


Salam sukses.


Sugiana.


NB : Sebagai panduan bisnis internet yang direkomendasikan anda dapat meng-KLIK-nya di side bar di sebelah kanan pada kolom "PALING DIREKOMENDASIKAN"

15 komentar:

Anonim mengatakan...

Sangat banyak bisnis yang ditawarkan di internet, pilihlah sesuai dengan tujuan semula dalam mencari bisnis di internet yang memang dikuasai.

Anonim mengatakan...

mas gana ini mindset nya dah OK banget... setuju aku mas pada tulisan sampeyan ini.. informasi ini semoga menjadi pembelajaran bagi yang ingin menekuni bisnis di internet... sukses selalu mas..

Anonim mengatakan...

Met malam mas dan salam kenal,
Benar mas di dunia bisnis online ini memang kita harus yakin tapi jnagan kebanyakan info ntarnya malah bingung dan ga jadi action deh, salam sukses luar biasa dari http://www.blogbisnismuklis.co.cc

Anonim mengatakan...

@Hade : Betul mas Hade memang begitu banyak peluang bisnis di internet, pelajari dan kemudian pilih bukan hanya yang kita kuasai saja tetapi juga yang potensinya paling bagus dan prospektif. Salam sukses.

@Nitta Prasetya: Makasih banget support-nya. Be sucess and keep touch.

@Muklis : Sepakat mas, action memang penting dan harus, tetapi action tanpa dasar dan analisa yang cukup juga kurang bijaksana. Salam kenal juga dan Salam sukses.

Anonim mengatakan...

ko tulisannya ada yang kecil banget.
memang bisa diatasi dengan CTRL + scroll. padahal saya yakin ada pesan penting yang ingin disampaikan.

sukses ya mas

Unknown mengatakan...

inti nya: berjualan formula bisnis lewat link anda hehehe

Anonim mengatakan...

@Rekan Bisnisku, makasih banget atas saran dan kritiknya.
@Mas Hengky,he..3x..itukan hanya ikutan saja, inti yang sebenarnya saya sebenarnya hendak mengajak rekan-rekan semua untuk selalu mencermati dan menganalisis setiap tawaran bisnis internet dari manapun secara obyektif. Kita tahu peluang bisnis internet sangat besar namun kalau kita kurang cermat dan tidak tidak punya informasi cukup kurang bijaksana juga, iya kan? Makasih banget response-nya. Salam sukses.

Anonim mengatakan...

Bner banget mas, peluang bisnis dan model2 bisnis internet banyak bgt...

Mnurut saya kalau singkatnya sih liat aja orangnya sapa.. klo orangnya (si pmilik produk) trkenal dan pnya rputasi baik bisa djamin produknya pun berkualitas :)

Anonim mengatakan...

berhati-hati bukan berarti paranoid khan...

untuk terjun ke suatu bidang, memang diperlukan wawasan yang cukup. namun percayalah, tindakan anda membawa pada suatu kondisi pembelajaran yang realistis. karena proses dan efek emosionalnya lebih mengena di hati.

Nb: artikel ini baik bagi siapa saja yg ingin terjun ke bisnis, baik online maupun offline

SALAM SUKSES = BLOG MOTIVASI MENTAL =

Anonim mengatakan...

@ Ardy Pratama : Bener mas, harus lihat orangnya dan produknya. Setuju.Salam sukses.

@ Fadly Muin : Bisnis adalah suatu proses pembelajaran juga, bukan semata-mata bicara tentang uang. Makasih mas atas support-nya. Salam sukses.

Anonim mengatakan...

Yup, artikel yang menarik. Seringkali pemula tergoda memilih cara yang paling gampang. Padahal untuk bisa sukses di semua bidang kita butuh proses dan perjuangan.
Salam sukses.

Anonim mengatakan...

@ Belajar Internet Marketing : Benar mba Yusi, sukses itu tidak ada yang instant, butuh proses dan perjuangan. Keep touch. Salam sukses.

Anonim mengatakan...

Internet itu seperti hutan belantara. Kalau mau berburu, ajak paling tidak orang yang sudah pernah berburu di sana. Agar tak tersesat ketika melakukan perburuan.
Keep ACTION!

Saiful Millah mengatakan...

Semua butuh proses, walaupun terkadang mudah dan terkadang sulit. Namun, apapun juga harus melalui proses dan tidak bisa instan, walaupun prosesnya dengan cara tertipu dulu, tapi hasilnya jadi semakin matang dalam memilih dan mencoba... Karena setiap orang pasti punya impian dan rencana, tapi hanya sedikit yang melakukannya, padahal ACTION itu menjadi motor penggerak pertama dalam mewujudkan impian dan rencana yang pernah dibuat. Sehebat apapun rencana dan impian tanpa dibarengi dengan ACTION, mustahil akan terwujud... ACTION juga tidak semuanya langsung benar, kalaupun ada biasanya hanyalah kebetulan... Jadi, mudah2an pengalaman2 tertipu di dunia internet ini menjadi salah satu bagian dari ACTION yang pasti membawa sesuatu yang positif ke arah yang lebih baik... Tapi, tetep tidak boleh prasangka negative... namanya juga belajar...
Thanx mas... atas semuanya... jadi tambah wawasan, inspirasi, dan antibodi....

dadang firdaos mengatakan...

sukses buat sohib ku

Posting Komentar

Terima kasih Anda telah memberikan komentar, kritik atau saran untuk perkembangan blog ini. Saya akan memberikan tanggapan/komentar balik di blog anda bagi setiap komentar yang anda berikan disini. Mohon maaf jika SPAM tidak diperbolehkan disini.