Kamis, April 23, 2009

Dunia internet Indonesia sangat menjanjikan.

Persaingan di dunia bisnis internet semakin sengit saja. Indonesia dipandang sebagai salah satu yang industri internetnya sedang tumbuh dengan pesat. Peluang ini dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku industri internet dengan sangat cepat. Pesaing utama Google yaitu Yahoo! bergerak dengan lebih cepat.

Ahkhir tahun 2008 yang lalu Yahoo! bekerjasama dengan TNS, sebuah group yang bergerak dalam bidang pemasaran konsumen dan informasi pasar global di 80 negara, yang industri internetnya tumbuh pesat, mengadakan riset secara kolaboratif di Indonesia. Riset bersama ini diberi nama Yahoo-TBS Net Index. Riset ini adalah riset yang mendalam yang baru pertama kali dilakukan di Indonesia tentang kebiasaan pengguna internet terutama mengenai perilaku dan kebiasaan berinternet.

Survey yang mereka laksanakan menggunakan metode tatap muka langsung dengan 2.000 responden untuk media umum dan 1.021 resoponden untuk media internet di beberapa kota besar di Indonesia baik di pulau Jawa maupun luar Jawa. Di pulau Jawa meliputi Jabotabek (Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi), Bandung, dan Semarang sedangkan luar Jawa meliputi Medan, Palembang dan Makasar.

Secara umum hasil riset ini mengindikasikan bahwa potensi pertumbuhan yang besar dari media internet Indonesia. Menurut studi ini Indonesia dianggap sedang menjadi saksi perkembangan media digital yang sangat cepat. Anda bisa bayangkan dengan hampir 18 juta pengguna internet di seluruh Indonesia dan potensi yang masih tumbuh dengan pesat, merupakan pasar yang luar biasa. Apalagi ke depan pengguna internet akan semakin bertambah seiring dengan makin mudahnya akses internet di Indonesia.

Hasil riset Yahoo! - TNS Net Index menunjukkan beberapa temuan yang sangat menarik (Kompas, 27 Maret 2009). Coba anda perhatikan beberapa temuan riset itu di bawah ini, bagaimana ? Sangat menarik, prospektif dan sungguh potensi yang sangat luar biasa, bukan?. Mari kita cermati bersama-sama :
1. Sekitar 1 dari 3 orang penduduk perkotaan di Indonesia mengakses internet
dalam satu bulan terakhir.
2. Sebanyak 28 persen masyarakat perkotaan mengakses internet dalam satu bulan
terakhir dan 6 persen mengakses internet tiap hari
3. Penetrasi internet pada segmen penduduk usia 15-29 tahun paling tinggi
dibandingkan segmen usia lain, yaitu 64 persen menggunakan internet dalam satu
bulan terakhir. Disusul usia 20-24 tahun sebesar 42 persen, usia 25-29 tahun
sebesar 28 persen, usia 30-34 sebesar 16 persen, usia 35-39 tahun sebesar 13
persen, usia 40-44 tahun sebesar 12 persen dan usia 45-50 tahun sebesar 5 persen.
4. Warnet paling sering digunakan untuk mengakses internet yaitu sebesar 83 persen
pengguna online memakai warnet dalam satu bulan terakhir. Disusul akses dari
Handphone, PDA dan perangkat mobile lain sebesar 12 persen, dari kantor 19
persen, sekolah 17 persen dan rumah 16 persen.
5. Aktivitas internet paling banyak digunakan untuk membuka email berbasis web
sebesar 59 persen, instanst mesenger sebesar 58 persen, membuka situs jaringan
sosial 58 persen, mesin pencari 56 persen, membaca berita online 47 persen,
setalah itu untuk keperluan lainya. Sedangkan untuk internet banking hanya 5
persen dan transaksi online hanya 3 persen.
6. Enam dari 10 pengguna internet mengunjungui situs jaringan sosial setiap bulan.
7. Lima puluh delapan persen mengakses jaringan sosial dalam satu bulan terakhir.
Jaringan sosial yang paling banyak dikunjungi adalah Friendster bukan Facebook.
8. Yahoo! adalah layanan e-mail berbasis web yang paling dominan, sedangkan Google
adalah paling dominan untuk mesin pencari.
9. Pengguna internet, tidak hanya di kota-kota besar tetapi juga menyebar di
kota-kota lain.
10. Penggunaan internet yang tinggi bukan hanya didominasi oleh kota Jakarta saja
tetapi juga menyebar di kota-kota lainya.

Studi ini menunjukkan keseriusan Yahoo! memandang masa depan internet kita. Mereka menganggap bahwa pasar di Indonesia sungguh sangat potensial, bukan pasar yang sembarangan. Sehingga kita pengguna internet di Indonesia seharusnya menganggap hal ini semua sebagai sebuah peluang, jangan jadikan kita hanya sebagai target pasar saja.

Sehingga ke depan kita bisa melihat semakin maraknya dunia internet kita. Dan kita bisa melihat lahirnya industri internet yang benar-benar lahir dari Indonesia, saya yakin bangsa indonesia mampu meng-create sesuatu bukan hanya jadi pasar atau target market mereka. Siapkah?
Salam sukses. Dahsyat !!!

10 komentar:

Bisnis Online mengatakan...

wah.. artikel motivasi bisnis online nya sangat menarik banget, membuat saya tambah semangat.

thank ya sharingnya..

/salam sukses.

Jepara Furniture mengatakan...

Mantap datanya..saya juga yakin, kedepan akan lebih hebat lagi..walaupun tarif internet sekarang masih tergolong relatif mahal, coba kalo lebih murah lagi..bakal lebih fantastik lagi data statistik diatas.
Sukses ya..

habibie reza mengatakan...

Kunjungan pertama ni Mas Sugi, salam kenal :)

Perkembangan dunia internet di Indonesia memang sangat menjanjikan. Jadi untuk siapa saja yang ingin terjun di bisnis online memang tidak perlu ragu sudah terlambat. Karena memang prospeknya tetap bagus.

Mengenai akses internet dari warnet, ke depan nanti mungkin akan semakin berkurang dan hilang seperti Wartel sekarang ini. Soalnya dengan prospek ke depan tarif internet yang semakin murah dari tiap2 provider, koneksi internet bukan barang mewah lagi dan diperkirakan tiap2 person malah akan memiliki koneksi internet pribadi nantinya.

Baru mulai blogging juga ya Mas Sugi? Yuk maju sama2 :)

Gugus mengatakan...

kira2 kalau sekarnag ada 18 juta orang kira2 tahun depan meningkat jadi berapa ya? Perkembangan internet di indonesia yang pesat memang bisa menjadi peluang untuk perkembangan ekonomi di indonesia

Iwan Epianto mengatakan...

Terima kasih Mas Infonya sangat menarik dan sangat jelas, mudah-mudahan bagi yang cuma baca-baca situs 2 yang nggak penting beralih ke Bisnis internet karena prosfek nya sangat menjanjikan, bagi teman- teman yang baru memulai silakan gabung jangan ragu dan tidak ada kata terlambat, mari bersama-sama membangun dunia internet Indonesia.

Salam sukses.

bisnis internet mengatakan...

Internet marketing indonesia belum booming, masih akan naik diikuti dengan peningkatan pengguna internet di indonesia.

IMAM MEQELS mengatakan...

Kita semua tentu sangat setuju,sangat senang,dan mendukung penuh kemajuan yang ada,seperti saaat ini dunia internet tumbuh pesat,dan juga pemerintah giat menggalakkan memasyarakatkan internet sampai kepelosok negeri,ini hubungannya dengan pendidikan tentunya,agar kita selalu mengawasi pemakaian bagi anak-anak sekolah,dari semua jenjang,jangan sampai lewat batas.salam

IMAM MEQELS mengatakan...

Dan kaitannya dengan dunia bisnis secara umum tentu ini sangat menjanjikan bagi yang paham dan sadar celah yang ada,makanya sekarang sedang booming bisnis online,informasi yang sangat inofatif dari mas sugiana,buat kita semua,hehehhe salam

IMAM MEQELS mengatakan...

Penjelasan yang sangat gamblang dari mas sugiana,ini perlu kita cermati bersama celah yang ada untuk mengembangkan bisnis yang sudah ada,mantab mas sugiana,salam hangat

obat lemah syahwat mengatakan...

Thank You for such a great idea!....

Posting Komentar

Terima kasih Anda telah memberikan komentar, kritik atau saran untuk perkembangan blog ini. Saya akan memberikan tanggapan/komentar balik di blog anda bagi setiap komentar yang anda berikan disini. Mohon maaf jika SPAM tidak diperbolehkan disini.