Senin, Maret 09, 2009

Sukses terbesar berasal dari diri sendiri.

Semua orang siapapun itu, dengan latar belakang pendidikan apapun juga dan darimanapun dia berasal senantiasa menginginkan sukses dalam hidupnya. Apalagi bagi anda yang menekuni dunia bisnis baik itu bisnis internet (bisnis online) maupun offline yang dijalankan secara konvensional tentu sangat mengharapkan agar usahanya senantiasa mencapai kesuksesan seperti yang diinginkanya.

Saya ingin bertanya kepada anda darimanakah sukses itu berasal?

Potensi dan Kemampuan.
Pasti jawabanya akan bervariasi antara anda dan yang lainya, bukan? Beberapa orang beranggapan bahwa mereka sukses disebabkan karena faktor-faktor yang berasal luar dirinya. Mereka berpikir bahwa sukses hidupnya disebabkan karena kekuatan fisiknya, latar belakang pendidikannya / gelar yang dimiliki, besarnya tabungan di bank atau kekayaaan yang dimilikinya.


Padahal kalau kita mau mencermati dan kemudian menganalisisnya, faktor-faktor dari luar tersebut yang dianggap sebagai sesuatu yang penting dan paling berharga untuk meraih kesuksesan sebenarnya masih kalah jauh dibandingkan dengan apa yang ada di dalam diri kita sendiri. Yaitu potensi dan kemampuan terbaik yang kita miliki.

Namun apakah kita - saya dan anda – sudah menyadarinya ?

Sukses = Pertumbuhan.
Sukses merupakan sebuah proses perkembangan yang berlangsung secara terus menerus. Sukses yang kita raih berkorelasi dengan pertumbuhan yang dapat kita capai. Dapatlah kita katakan bahwa sukses yang lebih besar dapat kita nikmati jika kita sendiri dapat tumbuh terlebih dahulu, sebaliknya jika pertumbuhan yang kita capai masih kecil, maka sukses yang dapat kita capai juga kecil.

Untuk mencapai sukses yang lebih besar maka kita harus memiliki keinginan yang kuat untuk terus berkembang. Hal ini berarti proses pembesaran dan pertumbuhan yang tiada henti-hentinya.

Kita harus bisa mengelola diri kita sendiri agar senantiasa terus berproses selama kita hidup. Perkembangan merupakan proses yang tidak pernah berhenti, jika kita berhenti karena merasa puas pada suatu hal yang sudah dicapai, dapatlah dikatakan bahwa kita telah memutus siklus dan berhenti untuk mencapai sukses yang lebih besar. Dengan sendirinya kemampuan dan potensi terbaik dari diri kita selamanya akan terkubur jika kita berhenti dan tidak belajar, menggali dan menggunakanya.

Yang kita perlukan adalah tekad dan semangat untuk terus tumbuh dan berkembang. Jadikan hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan lusa harus lebih baik dari hari ini. Begitu seterusnya. Setiap hari yang kita lewati harus membuat kita menjadi lebih baik. Kepercayaan diri yang kuat, tekad dan semangat untuk mengerahkan segala potensi dan kemampuan terbaik yang kita miliki pada dasarnya adalah dasar sukses yang sebenarnya, landasan untuk mencapai sukses terbesar !

Bagaimana menurut pendapat anda, adakah yang perlu ditambah? Saya sangat berterima kasih apabila anda dapat memberikan tanggapan dan dapat di-sharing-kan dengan teman-teman yang lain disini.

27 komentar:

angin-berbisik mengatakan...

wah tulisan yg sangat inspiratif...thanks for sharing

SUGIANA mengatakan...

@Angin Berbisik : Makasih atas bisikanya. Salam sukses.

Belajar Internet Marketing mengatakan...

Yup setuju. Siapa pun guru kita, sehebat apapun beliau, penentu kesuksesan ada di dalam diri kita sendiri. Yakinkah kita kalau kita bisa sukses? Apakah kita sungguh-sungguh percaya dan menjalankan nasehat guru kita?
Selain itu kita harus berani mencoba, praktek, belajar dari kesalahan dan kegagalan, tidak mudah menyerah. Menikmati proses belajar dan tidak matang karena dikarbit (pakai teknik black hat).
Pertanyaannya maukah kita melewati jalan dan segala rintangan untuk mencapai kesuksesan tersebut? Semua kuncinya ada di dalam diri kita sendiri.
Salam sukses...

sumartono mengatakan...

Kesuksesan hanya akan didapat jika kita kerja keras, tidak mudah putus asa dan berdoa.

Btw, ada saran sedikit, alangkah lebih nyaman jika frontsize hurufnya diperbesar, mbacanya supaya tidak terlalu dekat.

ARIEF MAULANA mengatakan...

Setiap pribadi adalah manusia yang luar biasa. Ingat saja itu.

Kalau anda merasa diri anda kurang luar biasa, maka sama artinya anda menggugat Tuhan, karena di dalam kitab suci apapun tuhan mengatakan bahwa manusia adalah ciptaan yang paling sempurna.

Danbicara soal sukses... semua memang butuh proses. UNtuk mempercepat proses tersebut kita perlu senantiasa berkembang dan menjadi lebih baik lagi.

Salam Sukses,

NB : saran, verifikasi katanya di non aktifkan saja.

Fadly Muin mengatakan...

sukses itu deskriptif. karena sukses itu adalah kebahagiaan.

masalahnya nilai2 kebahagiaan masih dilandasi oleh kebendaan.

memulai dari diri sendiri, adalah langkah yang sangat bijaksana

Salam Sukses

Ricky Nova Iskandar,S.Sos, mengatakan...

Saya suka dengan kata-kata "Sukses = Pertumbuhan". Memang benar bahwa kesuksesan bukan sesuatu yang instan, butuh proses waktu dan kerjakeras agar bisa terus mengembangkannya. Itulah mengapa banyak orang mengatakan kesabaran dan ketekunan adalah salah satu kunci kesuksesan.
Artikel yang menarik mas, judulnya bisa menginspirasi orang.

-salam succses-

onabunga mengatakan...

kalau Conrad Hilton bilang bahwa sukses selalu berhubungan dengan tindakan. orang sukses terus bergerak. mereka melakukan kesalahan-kesalahan tapi mereka tak pernah berhenti. so, just do it lah..

btw, kenapa mode komentarnya nggak dibuat langsung di bawah postingan ja Mas. sepertinya akan lebih memudahkan untuk pengunjung. atau mang sengaja ja. hehe...

yanuar mengatakan...

tiada kesuksesan tanpa usaha, tiada usaha tanpa kegagalan, tapi hanya orang yang bisa mengatasi kegagalan tersebutlah yang akan sukses ...

sukses selalu untuk semua

irwan m santika mengatakan...

Rumah, mobil, uang, jabatan dll adalah merupakan efek dari apa yang kita perbuat, intinya dari semua yang kita dapatkan adalah berawal dari diri kita sendiri, semuanya hanya efek saja, "Dari Diri Sendiri" seperti yang mas sebutkan dalam judul di atas.

o ya mas, sya baru baca lagi semua komentar di blog saya ternyata ada pertanya'an mas yg blm saya balas, padahal sya merasa sdh menjawabnya, sudah saya balas mas. he hee ma'af.

hade mengatakan...

Saya ringkes deh..., jadinya potensi dan kemampuan yang bertumbuh!
Semua itu ada dalam diri kita masing-masing. Selama kemampuan dapat menjangkau, kesuksesan akan kita peroleh.

Tepat mas..., kesuksesan itu lebih bergantung dari dalam kita sendiri.

syd mengatakan...

Hmm,... Mudah-mudahan saya bisa jadi "bisnismen" yang sukses juga,...









www.calon-polisi.blogspot.com

Risti mengatakan...

saya setuju ama judul di atas

Arswino Sonata mengatakan...

Halo Mas Sugiana,
Kalo boleh saya menambahkan sedikit saja dengan memberikan contoh kasus Elvis Presley.
Siapa yang tidak kenal Elvis. Raja musik pop yang paling yahud di eranya, bahkan sampai saat ini mungkin belum ada yang mengalahkan ketenarannya. Dia memiliki segalanya sebagai seorang pria: kekayaan, wanita dan ketenaran. Tapi sebelum usianya menginjak 50 tahun, dia meninggal karena over dosis.

Jadi saya sangat setuju sekali dengan pendapat Mas Sugiana bahwa sukses bukan berarti memiliki kekayaan yang menggunung.
Sukses jika tidak diiringi dengan kebahagiaan apalah artinya.

Postingan yang bagus sekali Mas Sugiana.

Salam sukses luar biasa.

Arswino Sonata

syahru tetepsemangat mengatakan...

fantastic {tulisannya kurang besar} tetep semangat???/////

YI mengatakan...

Saya sependapat dengan salah satu definisi sukses yang sudah mas tulis, mungkin sedikit tambahan biar definisi itu juga berlaku untuk semua orang, bukan cuma pencapaian duniawi saja sehingga seorang bisa dianggap sukses, tapi juga buat orang yang sudah berusaha keras secara duniawi dan dia bisa menerima hasil usahanya secara iklas walaupun hasilnya tidak sebagus yang dia harapkan maka diapun berhak menyandang predikat sukses. Kalimat sederhanya mungkin " Dia bisa berdamai dengan garis tangan nasibnya..." Salam buat Kuala Kapuas...

Alexa mengatakan...

sukses terus bisnisnya mas, baru smpt jalan2 lg nih...

Iwan Epianto mengatakan...

Sukses adalah milik saya, milik anda dan milik siapa saja yang mau menginginkannya, asalkan dilakukan dengan ketekunan dan konsisten.

Mas infonya saya link, Terima kasih dan Salam sukses.

SUGIANA mengatakan...

@ Yusi Setia : Setuju banget Yusi, untuk sukses semua berawal dari diri sendiri bukan orang lain. Trims Yusi. Sukses ya.
@ Sumartono : Makasih Mas atas saranya, untuk postingan berikutnya insyaallah akan diperbaiki. Trims. Salam sukses mas.
@ Arief Maulana : Betul sekali mas Arief,semua orang adalah pribadi yang luar biasa namun sudahkah kita menyadarinya? Trims atas saranya. Salam sukses.
@ Fadly Muin : Betul sekali Mas Fadly, semuanya berasal dari sendiri. Salam sukses mas.
@ Ricky Nova Iskandar : Yup, tepat sekali mas, kuncinya adalah kesabaran dan ketekunan. Sukses selalu Mas.
@ Ona Bunga : Makasih comment dan saranya, insya allah diperbaiki lagi. Sukses mba.
@ Yanuar : Tepat sekali, sudahkah kita mengatasi kegagalan kita untuk mencapai sukses? Salam sukses ya.
@Irwan M. Santika : Iya, makasih Mas Irwan, terima kasih banget untuk sharing-nya. Sukses selalu.
@ Hade : Tepat sekali apa yang Mas Hade ringkaskan, sukses terus mas.
@ Syd : Thanks untuk sharing-nya. Sukses selalu.
@ Risti : Makasih atas support-nya.
Sukses ya.
@ Arswino Sonata : Sukse dan kebahagian adalah dua sisi dari mata uang. Begitu kira-kira mas Arswino, jadi tidak lengkap jika kita hanya memegang salah satunya. Sipp mas. Sukses selalu.
@ Syahru : Makasih suppor dan sarannya. Tetep semangat !!!.
@ Yi : Betul banget, Yi. Sukses bukan hanya berhubungan dengan duniawi saja, tetapi juga harus memenuhi unsur-unsur non duniawi supaya seimbang dan selaras. Tepat sekali mas. Salam balik juga dari Kuala kapuas. Thanks.
@ Alexa : Sama-sama mba, sukses juga untuk mba. Trims untuk sharing-nya. salam sukses dech.
@ Iwan Epianto : Maksih banget atas sharing dan support-nya. Sukses juga Mas.

dadang firdaos mengatakan...

postingan keren, fontnya pun pas. klo kekecilan kan tinggal tekan ctrl + maenkan scroll di mouse

erwinyustiawan mengatakan...

betul itu..asal kita rajin dan mau disiplin...sukses bisa didepan mata tuh..:)

Ariesvio mengatakan...

Wah..bagus sekali...tapi yang perludiingat untuk sukses kita mesti bekerja keras..keras..dan keras..n kreatif, cerdas , n inovatif..thank's te;ah mampir di ariesvio..salam sukses

Wawan Purnama mengatakan...

Yang seru itu PROSES jalan menuju suksesnya Mas..

Gimana bisnis reselernya? makin naik ga Omsetnya? Sukses ya Mas..

namaku wendy mengatakan...

jadi mulailah dari diri sendiri sekarang juga yah, berusaha dan berdoa;)

Sugiana mengatakan...

@Dadang Firdaos : Makasih support-nya. Sukses selalu.
@Erwin Yustiawan : Betul, disiplin,kreatif dan kerja keras.
@Ariesvio : Ya, kita harus kerja keras dan kerja keras.
@Wawan Purnama : Makasih support-nya, sukses dech.
@Wendy : Makasih banget comment-nya.

Ariesvio mengatakan...

Ya...benar Pak
sukses tak datang seniri...
Dia perlu dijemput dengan kerja ....keras...keras...dan keras
Salam Sukse

dadang firdaos mengatakan...

sukses = perkembangan

tumbuh dan kembang harus selalu berbarengan

Posting Komentar

Terima kasih Anda telah memberikan komentar, kritik atau saran untuk perkembangan blog ini. Saya akan memberikan tanggapan/komentar balik di blog anda bagi setiap komentar yang anda berikan disini. Mohon maaf jika SPAM tidak diperbolehkan disini.